Selasa, 01 November 2011

Pengertian filsafat menurut para ahli

a. Menurut Plato ialah ia memberikan istilah filsafat dengan dialektika yang berarti seni berdiskusi. Dikatakan demikian, karena filsafat harus berlangsung sebagai upaya memberikan kritik terhadap berbagai pendapat yang berlaku.
b. Menurut Rene Descrates yaitu merupakan kumpulan segala pengetahuan, dimana Tuhan, alam dan manusia menjadi pokok penyelidikannya.
c. Menurut Al Farabi. Filsafat merupakan kumpulan ilmu yang menyelidiki hakikat yang sebenarnya dari segala yang ada.
d. Menurut Immanuel Khant, filsafat adalah pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya empat persoalan, yaitu sebagai berikut :
1. Apakah yang dapat kita ketahui? (dijawab oleh metafisika)
2. Apakah yang boleh kita kerjakan (dijawab oleh etika)
3. Sampai dimana pengharapan kita? (dijawab oleh agama)
4. Apakah yang dinamakan manusia (dijawab oleh antropologi)

e. Menurut Francis Bacon, filsafat merupakan induknya dari ilmu-ilmu, dan filsafat mempunyai semua pengetahuan sebagai bidangnya.

f. Menurut Stephen R. Toulmin, menyatakan filsafat adalah Sebagai suatu cabang ilmu, filsafat ilmu mencoba pertama-tama menjelaskan unsur-unsur yang terlibat dalam proses penyelidikan ilmiah prosedur-prosedur pengamatan, pola-pola perbinacangan, metode-metode penggantian dan perhitungan, pra-anggapan-pra-anggapan metafisis, dan seterusnya dan selanjutnya menilai landasan-landasan bagi kesalahannya dari sudut-sudut tinjauan logika formal, metodologi praktis, dan metafisika
Masih banyak lagi definisi-definisi tentang filsafat dengan beraneka ragam pengertian. Dari uraian di atas kiranya dapat disimpulkan bahwa “Ilmu filsafat ialah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan, manusia dan alam semesta, sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia seharusnya untuk menguasai pengetahuan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar